Puluhan Jenis Produk dari 14 UMKM Binaan Semen Baturaja Meriahkan Bazar UMKM untuk Indonesia 2023

, , , , , , ,

Jakarta – PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) turut berpartisipasi dalam kegiatan Bazar UMKM untuk Indonesia 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN pada 26 – 29 Januari 2023 di Gedung Sarinah, Jakarta, dengan menghadirkan 32 jenis produk dari 14 UMKM yang mengembangkan usaha di bidang kuliner, kriya, hingga fesyen dan kecantikan.

Senior Manager CSR SMBR, Gili Aprial Braja mengatakan 32 jenis produk UMKM yang dihadirkan itu diproduksi oleh UMKM binaan Rumah BUMN Baturaja. Tidak hanya memenuhi kriteria, seluruh produk tersebut juga telah behasil melewati kurasi ketat, baik dari sisi kualitas maupun packaging.

“hingga Mei 2022, Rumah BUMN Baturaja telah memiliki sebanyak 261 UMKM binaan yang berasal dari Kabupaten OKU,” tambah Gili.

Selain itu, ada juga produk madu Beeyond Honey yang dikelola oleh binaan Rumah BUMN Baturaja. Madu Beeyond Honey diproduksi oleh lebah Trigona. Jenis lebah ini merupakan spesis primitif yang hanya menghasilkan sedikit madu tetapi kualitasnya merupakan yang terbaik karena mengandung bee pollen paling tinggi. Budidaya madu ini dilakukan di lahan reklamasi pasca tambang SMBR yang pengelolaannya dilakukan oleh UMKM binaan.

Di Rumah BUMN Baturaja, para pelaku UMKM tidak hanya diberikan bantuan pendanaan, tetapi juga mendapatkan bantuan dalam proses perizinan, beragam pelatihan sesuai dengan bidangnya masing-masing, packaging dan pemasaran produk, hingga yang terbaru adalah bantuan untuk sertifikasi halal.

“Sebagai bukti atas keberpihakan terhadap pengembangan UMKM, Rumah BUMN Baturaja berhasil meraih penghargaan Rumah BUMN Terinspiratif pada ajang penghargaan BUMN Award 2018,” tutup Gili.

“Kami senang dapat berkolaborasi dengan SIG dalam menyukseskan kegiatan Bazar UMKM untuk Indonesia 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN. Ini merupakan komitmen dan upaya kami mendorong UMKM binaan agar dapat berkembang dan terus bertumbuh,” tutup Gili.{}

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.