Komitmen pada Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan, Semen Baturaja Diganjar Penghargaan ENSIA Award 2023

, , , ,

PALEMBANG –  PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berhasil meraih penghargaan Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) 2023, untuk kategori Platinum Social Innovation. Penghargaan ENSIA 2023 diterima langsung oleh Senior Manager of Corporate Social Responsibility (CSR) SMBR Gili Aprial Braja di Hotel Gumaya, Semarang, Jawa Timur pada Kamis (10/8).

Mengangkat tema inovasi sosial ekonomi masyarakat berbasis pelestarian lingkungan, melalui Program SMBR Economic and Education Bee Farm, PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) mendapat apresiasi tertinggi dalam ajang Environmental and Social Innovation Awards (ENSIA) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh PT Sucofindo. Apresiasi ini diberikan kepada perusahaan yang telah berhasil melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di sekitar area unit bisnisnya.

Penyerahan Penghargaan ENSIA 2023 turut dihadiri Wakil Menteri Kementerian Lingkugan Hidup Kehutanan (KLHK) RI Alue Dohong, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK RI Sigit Reliantoro dan Direktur Komersial PT Sucofindo Darwin Abas.

Gili menjelaskan “SMBR Economic and Education Bee Farm merupakan program pemberdayaan masyarakat dan lingkungan melalui pengelolaan madu dari budidaya lebah trigona. Budidaya ini merupakan hasil replikasi yang dihasilkan dari area reklamasi pasca tambang yang diubah menjadi lahan vegetasi dan ekosistem baru, serta menjadi habitat bagi berbagai fauna yang hidup di sekitar areal tambang SMBR oleh Departement of Mining (Beeyond Honey), salah satunya adalah lebah trigona. Upaya pemanfaatan dari keberhasilan reklamasi ini adalah dengan melakukan Budidaya Lebah Trigona sebagai fauna yang membantu proses penyerbukan tanaman serta sebagai penghasil madu. SMBR melihat kegiatan budidaya ini sebagai peluang usaha baru yang dapat menghasilkan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.”

Lebih lanjut dijelaskan SMBR bekerja sama dengan desa binaan CSR melalui Kelompok Tani Terpadu Desa Laya dan BUMDes Maju Mandiri dalam mengelola budidaya lebah trigona dan pengembangan bisnis madu. Kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dalam budidaya madu trigona, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan secara berkelanjutan. Selain itu, kerja sama ini juga mendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan melalui penjualan madu lebah trigona.

Disamping itu, Gili mengucapkan terima kasih kepada Sucofindo atas penghargaan yang telah diberikan. Penghargan ini merupakan bentuk apresiasi serta keberhasilan atas kerja keras seluruh insan SMBR dalam mengaplikasikan inovasi sosial dalam program pemberdayaan masyarakat. Kedepannya ditambahkan Gili, SMBR akan terus melanjutkan upaya dalam pemberdayaan masyarakat yang berorientasi terhadap inovasi terutama lingkungan ataupun sosial.  “Penghargaan ini menjadi pencapaian sekaligus komitmen nyata SMBR dalam memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat,” ungkapnya.

SMBR senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat. (*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.