SIG Bersama Semen Baturaja, Menggelar Pelatihan Ahli Konstruksi di Kota Palembang

, ,

PALEMBANG  –  Untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan para tenaga konstruksi ,PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) bersama dengan PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) menggelar Program Ahli Konstruksi atau yang disingkat AKSI SIG. Program ini merupakan salah satu program pelatihan dari SIG untuk tenaga konstruksi. Pelatihan dilaksanakan pada 13 – 14 Februari 2023 di Wisma Atlet Jakabaring, Kota Palembang ,Sumatera Selatan.

Program peningkatan keterampilan dan kompetensi AKSI SIG diikuti 3.915 tenaga konstruksi dari berbagai wilayah dipulau Jawa Timur, Jawa Barat hingga Sumatera salah satunya digelar di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Di Kota Palembang sendiri diikuti oleh 160 tenaga konstruksi.

Pelatihan ini meliputi praktik konstruksi dasar diantaranya pemasangan bata merah, finishing permukaan tembok, dan acian untuk menghaluskan hasil plester dinding. Selain itu diberikan pengetahuan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), metode konstruksi yang efektif dan efisien, konsep rumah sehat yang dibangun dengan prinsip konstruksi berkelanjutan, serta pengenalan produk-produk SIG dan proses produksi semen.

Salah satu peserta AKSI SIG Suprapto, mengatakan “Saya sangat berterima kasih kepada SIG dan SMBR yang sudah memberikan pelatihan ini, hal ini memberikan nilai tambah bagi kami karena dibekali wawasan tentang kontruksi dan semen,” cetusnya.

Direktur Utama SMBR, Daconi Khotob yang diwakili oleh Senior Manager of Sales Sub Area 1.1 SMBR Yantasman menyampaikan “Pelatihan ini merupakan upaya untuk penguatan sinergi dan kolaborasi dengan tenaga konstruksi guna peningkatan kualitas sumber daya manusia agar memiliki daya saing di sektor jasa kontruksi.” ujarnya.

“Tenaga konstruksi yang ikut serta akan mendapatkan berbagai benefit antara lain sertifikat, uang saku, T-shirt dan APD saat pelatihan,” tuturnya.

Direktur Bisnis dan Pemasaran SIG, Aulia Mulki Oemar mengatakan, tenaga konstruksi juga perlu membekali diri dengan pengetahuan melalui pelatihan dan praktik secara langsung, yang akan membantu meningkatkan keterampilan dan kompetensi agar berdaya saing. Daya saing inilah yang akan mendongkrak produktifitas dan taraf kesejahteraan para tenaga konstruksi.

“Selain pelatihan, SIG juga berkontribusi membangun fasilitas umum berupa bangku taman. 110 bangku taman dibangun di Malang Raya dan 10 bangku taman masing masing di Kota Palembang, Kota Bandar Lampung, Kota Bandung dan Kota Yogyakarta,” ungkap Aulia Mulki Oemar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.