Direktur Utama PTSB Saat Menerima Penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian RI Yang Diserahkan Secara Langsung Oleh Menteri Perindustrian RI pada Selasa Malam (20/12)

 

Jakarta – 20 Desember 2016, Bertempat di Gedung Kementerian Perindustrian, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk kembali memperoleh penghargaan level tertinggi atau level 5 untuk Pabrik Baturaja, level 4 untuk Pabrik Panjang dan Pabrik Palembang.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Perindustrian RI Bapak Airlangga Hartanto kepada Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Bapak Pamudji Rahardjo, Direktur Produksi dan pengembangan Bapak Agus Wahyudin, Kepala Departemen Operasi Bapak Marsidi Marsono dan Kepala Biro Pabrik Palembang Bapak Kms. Mascik Asyik.

Penghargaan Industri Hijau merupakan program tahunan Kementerian Perindustrian RI yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada perusahaan industri agar menerapkan prinsip-prinsip Industri Hijau (Green Industry) dalam proses produksinya. Penilaian dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu Industri Besar, Industri Menengah, dan Industri Kecil. Program ini terbuka bagi seluruh pengusaha industri nasional.

Penghargaan Industri Hijau Untuk Pabrik Panjang dan Palembang Diserahkan Kepada Direktur Produksi                                            dan Pengembangan dan Ka. Departemen Operasi PTSB

Proses verifikasi dan penilaian dilakukan oleh Tim Teknis dan Dewan Pertimbangan yang berasal dari unsur pemerintah, perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan instansi terkait lainnya.

Secara umum, kriteria penilaian didasarkan pada tiga hal utama. Pertama, proses produksi yang meliputi efisiensi produksi, penggunaan material input, energi, air, teknologi proses, sumber daya manusia, dan lingkungan kerja di ruang proses produksi. Kedua, kinerja pengelolaan limbah yang meliputi penurunan emisi CO2 (untuk industri besar) dan pemenuhan bahan baku mutu lingkungan (industri sedang). Ketiga, manajemen perusahaan.

                                                                               Tiga Penghargaan Indsutri Hijau Tahun 2016 Yang Diperoleh PTSB

Industri hijau adalah industri berwawasan lingkungan yang menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup melalui efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan.

Penganugerahan penghargaan Industri Hijau dilaksanakan setelah melalui berbagai tahap seleksi dan verifikasi oleh Kementerian Perindustrian berdasarkan sistem yang dievaluasi secara berkala, termasuk kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan.