Diprakarsai oleh Semen Baturaja, PTPN VI dan Jiwasraya

Jambi – Ribuan orang yang terdiri dari keluarga besar perusahaan BUMN dan warga Kota Jambi mengikuti kegiatan jalan sehat BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019 yang dilaksanakan di kawasan Telanaipura Kota Jambi, Minggu. 

Suasana di sayap kiri kompleks Perkantoran Gubernur Jambi tersebut pada Minggu pagi didominasi warna merah dan putih seragam yang dikenakan oleh peserta. Kegiatan diawali dengan melakukan senam pagi bersama yang dipandu instruktur senam aerobik di kota itu.

Kegiatan jalan sehat dibuka dan dilepas oleh Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan diikuti oleh Direksi dan pimpinan PT Semen Baturaja, PT Jiswasraya, PTPN6 selaku PIC dan Co-PIC kegiatan BHUN 2019 di  Provinsi Jambi  serta para pimpinan BUMN yang berkantor perwakilan dan cabang di Provinsi Jambi.

Para peserta menyusuri jalanan di depan Kantor Gubernur Jambi yang merupakan kawasan ‘car free day”, melintasi Taman Anggrek Sri Soedewi serta perkantoran di kawasan itu.  Suasana kian meriah dengan pemasangan umbul-umbul dan banner kegiatan jalan sehat BUMN Hadir Untuk Negeri itu.

“Kami sangat berterima kasih kepada perusahaan BUMN,  yang telah memprakarsai dan berperan dalam mengolahragakan masyarakat Jambi. Sumbangsih BUMN selama ini sudah terasa oleh masyarakat dan diharapkan terus lebih meningkat lagi,” kata Gubernur Fachrori Umar.

Kegiatan jalan sehat itu juga diikuti oleh 26 orang pelajar Siswa Mengenal Nusantara dari Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbaur dengan keluarga besar BUMN dan warga di Kota Jambi pada kegiatan jalan sehat itu. Mereka cukup antusias menyisir beberapa lokasi yang dilintasi, dan tak henti-hentinya melakukan dokumentasi dengan ponsel cerdas masing-masing.

Suasana kegiatan itu semakin khas dengan hadirnya sejumlah kuliner khas dan unik, seperti sate padang, pisang hijau, apem bandung, stup makaroni serta lainnya. Selain itu juga makananan tradisional lainnya sesuai dengan tema mengangkat pangan lokal atau setempat. 

Selain itu peserta juga disajikan pameran produk UMKM binaan BUMN di Jambi,  antara lain UMKM batik binaan PTPN6, penganan produk UMKM binaan Buloh dan PNM, produk kerajinan binaan Jiwasraya serta promosi produk layanan emas batangan dari Pegadaian.

“Kegiatan jalan sehat ini merupakan bagian dari BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2019 ini, yang dipadukan dengan pasar murah dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam hal ini diwakili oleh UMKM binaan BUMN,” kata Direktur Umum dan SDM PT Semen Baturaja Amrullah.

Menurut Amrullah, kegiatan itu mengangkat pangan dan makanan tradisional derah dalam hal ini makanan khas di Provinsi Jambi, serta beberapa bahan  makanan pokok seperti ubi, kacang tanah, serta penganan ‘berkerarifan lokal’.

Kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, kata Amrullah tak hanya jalan sehat, namun juga berbagai kegaiatan lainnya dalam bentuk pemberian bantuan seperti bantuan sarana ibadah, bedah rumah, elektrifikasi, pembangunan MCK, bea siswa serta yang lainnya.

“Program BHUN sudah bergulir sejak Juni lalu, mulai dari safari ramadhan dan pembagian 1.000 Alquran. Ini sebuah rangkaian program kegiatan yang rutin digelar BUMN setiap tahun di setiap provinsi. Kebetulan tahun ini PT Semen Baturaja, Jiwasraya dan PTPN6 menjadi PIC dan Co-PIC di wilayah Jambi,” kata Amrullah. 

Kegiatan itu juga, kata Amrullah merupakan bentuk sinergitas dan kekompakkan BUMN di daerah untuk saling mendukung dan mensukseskan kegiatan BHUN untuk negeri.  Selain itu sebagai ajang silaturahim BUMN , dalam hal ini di Provinsi Jambi.

Sementara itu Jerry, salah seorang peserta SMN dari Nusa Tenggara Timur mengaku senang bisa ikut ambil bagian dan berbaur dalam jalan sehat di Provinsi Jambi. Ia juga mengaku senang karena bisa bertemu langsung dengan Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan berswafoto di ajang jalan sehat BUMN Hadir Untuk Negeri itu.

“Senang bisa berbaur disini, kami serasa bukan tamu atau pendatang karena penyambutan mereka luar biasa dan hangat. Serasa saya ada di kota saya di NTT,” kata Jerry yang merupakan pemandu yel SMN NTT itu. 

Sementara itu babak terakhir yang ditunggu adalah pengundian hadiah atau doorprize dengan hadiah utama sebuah sepeda motor matik yang diundi melui kupon peserta yang diberikan secara cuma-cuma kepada para peserta jalan sehat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.