Panitia Pengadaan Barang PT Semen Baturaja (Persero) Tbk akan mengadakan Pelelangan, bagi Perusahaan yang berminat dapat mengikuti Pelelangan tersebut dengan penjelasan sebagai berikut:

Untuk mengikuti lelang ini, klik tautan eproc berikut.

Bantu Permodalan, Promosi Hingga Libatkan Mitra Binaan Dalam Supplai Bantuan Masker

PALEMBANG – PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB) Baturaja menggerakan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ditengah masa pandemi Covid-19 untuk dapat membantu membangkitkan aktivitas pengusaha kecil menengah.

UMKM memiliki peran penting dalam perputaran perekonomian di Indonesia. Di masa pandemi seperti ini, banyak pelaku usaha terkena dampak yang signifikan sehingga menurunkan pendapatan mereka.

“Semen Baturaja berusaha menggairahkan aktivitas UMKM dan memupuk kembali semangat mereka untuk menggeliatkan perekonomian” ujar Vice President Corporate Secretary SMBR, Basthony Santri.

Sejak tahun 1991, SMBR telah berkomitmen untuk menyalurkan dana kemitraan yang dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha oleh para pelaku usaha. Hingga saat ini, telah terdaftar lebih dari 2000 UMKM yang telah menjadi mitra binaan Perseroan.

Tak hanya membantu dalam permodalan usaha saja, Semen Baturaja juga secara rutin mengadakan berbagai program pelatihan manajemen, keterampilan, dan promosi serta aktif mensosialisasikan agar UMKM lebih mampu menyesuaikan diri dan responsif dalam melihat peluang bisnis selama pandemi Covid-19.

“Melalui RKB Baturaja kita bantu para pelaku usaha belajar membuat masker, karena produk inilah yang dibutuhkan masyarakat saat ini” Katanya

SMBR pun turut melibatkan UMKM yang menjadi mitra binaannya untuk memproduksi masker kain (non medis) yang merupakan salah satu bantuan dari Perseroan kepada sejumlah Satgas di masing-masing daerah seperti Kota Palembang, Kota Baturaja, dan Provinsi Sumatera Selatan.

Selain itu, bentuk dukungan lainnya yang diberikan kepada para UMKM adalah dengan menggelar berbagai pelatihan melalui video conference sesuai protokol kesehatan Covid-19. Materi pelatihan yang diberikan pun sangat sesuai dengan situasi saat ini, seperti Branding Selama Masa Pandemik, Strategi Konten Marketing dan Copy Writing dan Pencatatan Keuangan Digital.

SMBR melalui RKB Baturaja juga bekerjasama dengan Tim Gapura Digital Google Indonesia membuka kelas Focus Group Discussion (FGD) bagi UMKM yang menjadi mitra binaan RKB Baturaja. Agar para pelaku UMKM secara aktif dapat menyampaikan berbagai kendala yang dihadapi di tengah Pandemi Covid-19 serta memberikan pendapat dan saran atas kendala yang dihadapi pelaku UMKM lainnya dengan dibantu fasilitator yang akan memberikan solusi atas kendala yang dihadapi

Di tahun 2020 ini pun, SMBR melalui RKB Baturaja menggandeng OKU GO Indonesia sebagai salah satu mitra dalam pemasaran produk UMKM binaannya.

OKU GO Indonesia merupakan aplikasi karya putra-putri asli Sumatera Selatan yang memiliki fitur jasa ojek online, pemasanan makanan dan minuman yang siap diantarkan ke tujuan. Ditengah Pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk selalu menjaga Physical Distancing, produk UMKM yang menjadi mitra binaan RKB Baturaja semakin mudah dipasarkan dan mampu menjangkau wilayah yang lebih luas.

Berbagai upaya untuk mendorong para pelaku UMKM agar terus produktif telah dilakukan SMBR secara komprehensif baik dari sisi permodalan, produksi bahkan pemasaran produknya guna menyukseskan program

“Dengan harapan seluruh kegiatan UMKM dapat berjalan dan perekonomian Indonesia pulih kembali’’ Pungkasnya.{}

Panitia Pengadaan Barang PT Semen Baturaja (Persero) Tbk akan mengadakan Pelelangan, bagi Perusahaan yang berminat dapat mengikuti Pelelangan tersebut dengan penjelasan sebagai berikut:

Untuk mengikuti lelang ini, klik tautan eproc berikut.

Semen Baturaja berhasil mempertahankan Sertifikat Produk Penggunaan Tanda SNI untuk produk-produk antara lain Ordinary Portland Cement (OPC) Type I, Type II, Type V dan Portland Cement Composite (PCC).

Pemberian Sertifikat Produk dilaksanakan pada Kegiatan Audit Survailen pada tanggal 17-24 Februari 2020 di tiga Site oleh Lembaga Sertifikasi Produk Baristand Industri Palembang (LSPro BIPA) yang merupakan lembaga sertifikasi produk yang independen dan kompeten yang beroperasi secara profesional di bawah pengawasan berbagai pihak di antaranya Kementerian Perindustrian, Badan Standardisasi Nasional, Komite Akreditasi Nasional, Asosiasi Industri, Perguruan Tinggi dan Pemerintah.

Hal ini sebagai perwujudan dari Misi SMBR untuk menyediakan produk yang berkualitas, ramah lingkungan dan pasokan yang berkesinambungan sehingga membuktikan bahwa SMBR selalu berkomitmen untuk selalu memberikan produk-produk terbaik untuk konsumennya.

Ayo selalu gunakan Semen Baturaja, semen kebanggaan wong kito yang telah terbukti berkualitas dan terjamin mutunya!

PALEMBANG – Bersiap memasuki Fase The New Normal, Semen Baturaja mengadakan Rapid Test Covid-19 untuk seluruh karyawan/ti. Rapid Test untuk Site Palembang, Kantor Perwakilan Jakarta, dan Jambi diadakan pada 9-10 Juni 2020 lalu, Kemudian dilanjutkan Site Baturaja pada 16-17 Juni 2020 dan Site Lampung pada 19 Juni 2020.

Pada pelaksanaan Rapid Test ini, Semen Baturaja bekerja sama dengan RS Pertamina Medika atau Rumah Sakit BUMN di masing-masing daerah.

Pelaksanaan Rapid Test bertujuan untuk mengantisipasi risiko dan potensi penyebaran Covid-19 di lingkungan SMBR, mengingat dalam waktu dekat, Pemerintah pusat melalui Kementerian BUMN telah menghimbau agar setiap Perusahaan BUMN menyiapkan sejumlah skenario memasuki Fase The New Normal agar operasional perusahaan dapat berjalan kembali seperti biasanya.

Oleh karena itu, Semen Baturaja telah memperketat Protokol Kesehatan pada setiap aktivitas perusahaan guna memberikan perlindungan bagi karyawan/ti, pelanggan, pemasok, mitra bisnis & stakeholder dalam memasuki Fase The New Normal ini.

Optimis rebut 5% pangsa pasar semen di Pontianak sepanjang 2020

PALEMBANG – PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) baru saja melakukan pengiriman perdana produk semennya ke Pontianak. Produk semen SMBR diangkut dari Pelabuhan Boom Baru, Palembang menuju Pontianak pada Rabu, 10 Juni 2020.

Direktur Pemasaran SMBR, Dede Parasade, mengemukakan pengiriman produk semennya ke Pontianak kali ini merupakan tindak lanjut dari market trial yang telah dilakukan Perseroan sejak 2019 lalu. Pada pengiriman perdana ini telah diangkut sebanyak 750 ton semen.

Dede menjelaskan bahwa di bulan Juni ini akan dilakukan 2 kali pengiriman dengan kapasitas total sebanyak 2.750 ton.

“Apabila pengiriman perdana ini berhasil dengan baik, SMBR telah menyiapkan kontrak jangka panjang dengan distributor lokal” katanya.

Pengiriman perdana produk semen SMBR ini bekerjasama dengan PT Pelabuhan Tanjung Priok yang merupakan anak perusahaan PT Pelindo II (Persero) yang berperan sebagai perusahaan bongkar muat yang ditunjuk SMBR untuk jasa handling.

Dede mengemukakan bahwa SMBR melakukan ekspansi ke pasar semen di Pontianak sebagai salah satu langkah strategis Perseroan untuk meningkatkan utilisasi pabrik yang ada. Selain itu, kata Dede, Perseroan menilai pasar semen di Kalimantan khususnya di Pontianak masih sangat prospektif untuk dikembangkan walaupun industri semen nasional oversupply.

“Kami optimis mampu merebut 5% pangsa pasar semen di Pontianak sepanjang 2020” ujarnya.

Dede menjelaskan bahwa selain fokus pada penjualan semen di pasar Sumbagsel, SMBR kedepannya akan terus gencar menggarap wilayah pasar baru walaupun kondisi industri semen nasional saat ini masih oversupply dan pertumbuhannya cenderung negatif karena terdampak pandemi Covid-19.

“Dengan masuknya produk semen SMBR di Pontianak, kami ingin membuktikan bahwa SMBR juga mampu merambah pasar baru di luar Sumatera” tambahnya.

Selain Pontianak, SMBR pun sudah menyiapkan sejumlah wilayah pasar baru di luar Sumatera yang siap digarap untuk pemasaran produk semennya guna mencapai target Perseroan di 2020.

“Bahkan saat ini, kami sudah mulai melirik peluang di pasar ekspor semen dan klinker” tutup Dede.{}

BATURAJA – Dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19 , Semen Baturaja melalui Program CSR (Corporate Social Responbility) melakukan penyemprotan disinfektan untuk Kelurahan dan Desa yang berada di area ring 1 Pabrik Baturaja.

Program CSR ini merupakan bentuk kepedulian Semen Baturaja dalam mendukung upaya pemerintah untuk menanggulangi penyebaran wabah Covid-19 khususnya di Kabupaten OKU.

Penyemprotan disinfektan dilakukan di 8 titik yang terdiri dari 2 Desa dan 6 Kelurahan yaitu Desa Laya, Desa Pusar, Kelurahan Sukajadi, Batu Kuning, Saung Naga, Tanjung Agung, Air Gading dan Talang Jawa.

Penyemprotan disinfektan ini telah dilakukan sejak 28 Mei hingga 3 Juni 2020. Penyemprotan disinfektan dilakukan di berbagai fasilitas umum seperti Kantor Lurah, Polsek, Camat, Tempat Ibadah dan Sekolah.

PALEMBANG – Semen Baturaja menggelar Halal Bi Halal dan Town Hall Meeting di tengah pandemi Covid – 19. Acara Perusahaan yang telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya digelar berbeda dari tahun – tahun sebelumnya karena diselenggarakan secara Virtual atau Video Conference pada hari Selasa kemarin (04/06) yang dihadiri oleh Jajaran Direksi dan Karyawan/ti SMBR.

Tema Acara pada tahun ini adalah “Tetap Jalin Silaturahmi di tengah Pandemi”. Tema ini diambil sesuai dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini, dimana kita tetap bisa bersilaturahmi dengan orang-orang terdekat menggunakan sarana komunikasi yang saat ini sudah banyak tersedia seperti chat maupun video call.

Acara dibuka dengan sambutan dari seluruh Direksi dan dilanjutkan Testimoni dari perwakilan Karyawan/ti yang berbagi pengalamannya merayakan Idul Fitri di tengah Pandemi Covid-19.

Acara ini juga diisi dengan Town Hall Meeting mengenai persiapan menghadapi penerapan The New Normal. Dalam menghadapi The New Normal, Semen Baturaja telah mempersiapkan sejumlah Protokol kesehatan sesuai standar Covid-19 dengan membentuk Tim Task Force SMBR. Selain itu, Semen Baturaja juga telah mempersiapkan Covid Ranger SMBR yang akan menjadi agent untuk mensosialisasikan Protokol Kesehatan di lingkungan keluarga besar Semen Baturaja. Dr. Tuhfa Mahdiah dari Siloam In House Clinic juga berkesempatan untuk menyampaikan materi tentang Covid-19 dan Penerapan The New Normal dari perspektif seorang tenaga medis.

Walaupun acara ini dilakukan secara virtual, namun tujuan dari Acara Halal Bi Halal dan Townhall Meeting ini tetap tersampaikan untuk menjadi ajang silaturahmi dengan saling memaafkan dan memupuk tali persaudaraan.

PALEMBANG – Semen Baturaja (SMBR) kembali menyalurkan sejumlah bantuan alat kesehatan kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palembang, pada Rabu (13/05) sebagai salah satu bentuk kesiagaan perusahaan atas dikeluarkannya Surat Keputusan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dari Kementerian Kesehatan RI.

Disusul oleh adanya laporan peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 di Sumatera Selatan per tanggal 14 Mei 2020 oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan yang telah mencapai 441 orang.

“Dengan meningkatnya jumlah pasien positif Covid-19, garda terdepan tersebut harus memiliki pertahanan yang kuat.” Ujar Fuad Azizi selaku Senior Manager Corporate Social Responsibility yang mewakili Manajemen SMBR ketika menyerahkan bantuan kepada Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa di Rumah Dinas Walikota Palembang.

Bantuan alat kesehatan yang disalurkan berupa Masker Medis sebanyak 1.250 pcs, Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 50 Pcs, Handscoon sebanyak 5000 pcs, Kacamata Googles sebanyak 50 Pcs, Hand Sanitizer 50 Liter, dan Masker Kain 2.000 pcs. Selain itu pada kesempatan yang sama, SMBR juga memberikan sebanyak 438 Paket Sembako.

“Kami juga berbagi paket sembako gratis kepada personil yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palembang. Semoga bantuan yang kami berikan bermanfaat” tambah Fuad.Sebelumnya, SMBR yang juga ditunjuk sebagai koordinator Satgas Bencana BUMN wilayah OKU telah menyerahkan bantuan alat kesehatan kepada Satgas Penanggulangan Bencana Covid-19 Wilayah Ogan Komering Ulu (OKU).

BATURAJA – Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk atau SMBR kembali menunjukan kepeduliannya kepada warga di sekitar Pabrik Baturaja. Kepedulian tersebut ditunjukkan melalui pembagian bantuan paket sembako yang selama ini telah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya.

Pada tahun ini, Semen Baturaja membagikan sebanyak 18.450 paket sembako gratis yang didistribusikan ke Enam Kelurahan dan Dua Desa yang berada di sekitar Pabrik Baturaja.

Pembagian paket sembako gratis yang berupa bahan pangan pokok dan makanan instan ini telah dilakukan secara bertahap mulai Rabu (13/05) meliputi Kelurahan Air Gading, Sukajadi, Talang Jawa, Tanjung Agung, Batu Kuning, Saung Naga dan Desa Pusar serta Desa Laya yang memang berbatasan langsung dengan Pabrik Semen Baturaja.

Masing – masing paket sembako gratis tersebut dibagikan melalui Kantor Kelurahan dan Desa setempat. Selanjutnya Manajemen Semen Baturaja menyerahkan kepada pihak Kelurahan dan Desa mengenai teknis penyaluran dan distribusi paket sembako gratis tersebut kepada warga yang membutuhkan di masing-masing wilayah mengingat adanya larangan pemerintah untuk melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa.

Direktur Utama Semen Baturaja, Jobi Triananda Hasjim mengatakan bahwa kegiatan pembagian paket sembako gratis ini merupakan salah satu rangkaian program CSR perusahaan yang telah dianggarkan sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan dan masyarakat yang berada di sekitar pabrik yang ditujukan untuk mengurangi dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19.“Bantuan ini pun diberikan bertepatan dengan momen Bulan Suci Ramadhan, semoga dapat membantu meringankan kebutuhan pangan masyarakat selama menjalankan ibadah puasa, sehingga membawa keberkahan bagi seluruh insan di Semen Baturaja” pungkasnya.