Baturaja (ANTARA Sumsel) – PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyelenggarakan acara Pelatihan Teknik Operasional Mesin Pembuat Pakan Ikan Air Tawar Desa Pusar.

Kegiatan itu sendiri diselenggarakan di Desa Pusar, Kecamatan Baturaja Barat, Ogan Komering Ulu (OKU), Kamis. Direktur Umum dan SDM PT Semen Baturaja (PTSB) Romlan Kurniawan di dampingi Kepala Departemen Operasi Marsidi Marsono, menjelaskan bahwa pihaknya melalui Program Bina Lingkungan telah membentuk kelompok perikanan air tawar di Desa Pusar.

Dengan menggunakan lahan yang dimiliki warga Desa Pusar seluas tiga hektare, perusahaan itu berhasil membuat 39 unit kolam ikan yang selanjutnya diserahkan kepada 29 petani peternak ikan di Desa Pusar untuk mengelolanya. Setelah kolam ikan terbentuk dikelola melalui Program Bina Lingkungan, perusahaan penghasil semen itu juga memberikan fasilitas waring dan kelengkapan peralatan kelompok perikanan air tawar, antara lain dua unit mesin pembuat pakan ikan, dua unit pompa air, serta 300 meter selang air dan pemberian pakan ikan bawal.

Kemudian pada Nopember 2013, menurut Romlan, PTSB juga memberikan bibit ikan sebanyak 188.950 ekor yang terdiri atas lele, patin, mas, baung dan bawal. “Kami juga saat itu langsung memberikan pelatihan dan penyuluhan kepada kelompok perikanan air tawar di Desa Pusar, mengenai teknik dasar budidaya  bekerja sama dengan tenaga pendamping dari Dinas Peternakan dan Perikanan OKU,” ungkapnya.

Selanjutnya, pada akhir Desember 2013 perusahaan itu juga memberikan pelatihan teknik operasional mesin pakan ikan dengan mendatangkan tenaga ahli yang telah berhasil dari daerah Belitang, OKU Timur.

Terakhir, 29 peternak ikan di Desa Pusar itu akan dijadikan Mitra Binaan PTSB supaya lebih mandiri, serta tangguh, sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian di Desa Pusar. “Total dana yang kita gunakan untuk seluruh kegiatan itu mencapai Rp408.904.860,” katanya.(E Permana)