Palembang, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk bersama dengan PT PLN (Persero) telah melakukan penandatangan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) di Ballroom Hotel Novotel Palembang pada Rabu (02/09). Penandatanganan SPJBTL ini dilakukan pada acara Sosialisasi Kebijakan Pelayanan Di Bidang Ketenagalistrikan yang digelar oleh Kementerian ESDM.

Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Bpk. Pamudji Rahardjo bersama dengan jajaran direksi lainnya hadir pada acara tersebut.

Begitu pula dengan General Manager PT PLN (Persero) Wilayah S2JB, Bpk. Paranai Suharfan dan Kepala Div. Distribusi dan Pelayanan Pelanggan Direktorat Operasi Sumatera PT. PLN (Persero) Pusat, Bpk Daniel S Bangun beserta jajaran yang juga turut hadir pada acara tersebut.

Disaksikan oleh Perwakilan dari Kementerian ESDM dan Manajemen PT PLN Pusat, SPJBTL antara PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dan PT PLN (Persero) ini berisi perjanjian kerjasama dalam hal penyaluran dan penjualan tenaga listrik dengan saluran tegangan tinggi 150 kV (kilo Volt) dan kapasitas daya sebesar 45 MVA yang nantinya akan disalurkan oleh PT PLN (Persero) kepada PT Semen Baturaja (Persero) Tbk.

Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk mengungkapkan bahwa SPJBTL ini merupakan bagian dari Pelaksanaan Proyek Pembangunan Pabrik Baturaja II yang saat ini sedang berlangsung.

Sebelumnya pada tanggal 26 Maret 2015 telah dilakukan penandatanganan kontrak Engineering and Procurement of Baturaja II Project dengan Tianjin Cement Industry Design & Research Institute Co.Ltd dan pada tanggal 2 April 2015 telah dilakukan penandatanganan kontrak Construction of Baturaja II Project dengan CBMI – DDK Joint Operation.

Beliau juga menambahkan bahwa kerjasama dan sinergi antar BUMN semacam ini perlu dilakukan terutama dalam menghadapi persaingan pasar bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) dalam rangka menunjang perekonomian daerah khususnya Sumatera Selatan dan perekonomian nasional.