Jakarta, Sebanyak 102 perusahaan menerima Penghargaan Industri Hijau Tahun 2015, yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan disaksikan Menteri Perindustrian Saleh Husin.

“Penghargaan ini sebagai apresiasi dan insentif pemerintah bagi perusahaan industri, meskipun kita tahu masih banyak industri lain yang sudah menerapkan prinsip industri hijau,” ujar Menteri Perindustrian Saleh Husin dalam keterangan pers acara yang diadakan di Istana Wakil Presiden pada hari Rabu (16/12) tersebut.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan pada tahun ini sebanyak 112 perusahaan mendaftarkan diri untuk berpartisipasi dalam program Penghargaan Industri Hijau. Pesertanya mencakup industri semen, peleburan baja, tekstil, crumb rubber, makanan dan minuman, pulp andpaper, keramik, oleokimia, petrokimia, pupuk, CPO, crude coconut oil, pelumas, kosmetika, gula, herbisida, dan otomotif.

Ada tiga aspek yang dinilai, pertama aspek input, energi, air, teknologi, SDM, dan lingkungan kerja dengan bobot 70 persen. Yang kedua adalah penurunan emisi CO2 dan pengolahan limbah 20 persen, dan terakhir aspek manajemen perusahaan 10 persen. Berdasarkan hasil penilaian, penerima penghargaan Industri Hijau tahun 2015 sebanyak 102 perusahaan.

Terdiri dari 59 perusahaa dengan level 5 dan 43 perusahaan dengan level 4. Setiap industri yang memenuhi syarat akan menempati klasifikasi dari level 1 (terendah) hingga level 5 (tertinggi). Penghargaan jatuh pada perusahaan yang menempati level 5 dan level 4. PT Semen Baturaja (Persero) Tbk telah 2 tahun berturut mempertahankan penghargaan Industri Hijau Level 5 untuk Site Baturaja, dan Level 4 untuk Site Panjang dan untuk pabrik Palembang baru pertama kali mendapatkan Penghargaan Level 4.

Penghargaan Level 5 untuk Pabrik Baturaja langsung diserahkan oleh Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Bapak Pamudji Raharjo, Penghargaan Level 4 untuk Pabrik Palembang diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian Bapak Saleh Husin Kepada Direktur Produksi dan Pengembangan Bapak Agus Wahyudin dan Penghargaan Level 4 untuk Pabrik Panjang diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian Bapak Saleh Husin Kepada Kepala Pabrik Panjang Bapak Helmi.

Penghargaan diberikan kepada PT Semen Baturaja (Persero) Tbk karena upaya dalam mengutamakan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya dalam produksinya.

Dengan pola itu, diharapkan perusahaan mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk senantiasa berpartisipasi dalam program nasional Industri Hijau dan menjadi suatu kebanggaan bagi perusahaan, keberhasilan pencapaian penghargaan Industri hijau 3 (tiga) site merupakan keberhasilan semua pihak baik manajemen, karyawan/ti, dan stakeholder dan manajemen juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari segala pihak sehingga penghargaan industri hijau ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi. (K3&LH PTSB)