Jln. Abikusno Cokrosuyoso Kertapati Palembang – 30258 P.O. Box 1175 Palembang – 30001
(62) – 711 – 511261 (Hunting)
Fax : (62) – 711 – 512126
Email : corsec.smbr@sig.id
Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan
Perseroan menyadari tahun 2021 merupakan tahun yang penuh tantangan dan dinamis. Pandemi COVID-19 masih memberikan dampak yang cukup besar bagi keberlangsungan Perseroan. Sektor perekonomian masyarakat terkena imbasnya yang tentunya berpengaruh terhadap daya beli masyarakat terutama konsumsi pada komoditi semen. Selain itu, kelebihan pasokan dan persaingan Industri semen yang sangat kompetitif mendorong harga menjadi semakin ketat. Meskipun demikian, kami tetap berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kinerja ekonomi agar Perseroan tetap memberikan manfaat besar bagi Perusahaan dan seluruh pemangku kepentingan.
Untuk itu, Perseroan melakukan berbagai upaya kebijakan dan strategi bisnis yang tepat. Berbagai upaya yang kami telah lakukan di antaranya meningkatkan pangsa pasar (market share) dengan memperbaiki saluran distribusi, melakukan efisiensi biaya produksi dan biaya usaha, melakukan repackaging kredit investasi, dan meningkatkan pendapatan semen maupun non-semen. Kami juga terus melakukan inovasi digital melalui BUILD ID dimana memiliki berbagai fitur seperti toko bangunan, jasa tukang, jasa konsultan arsitek, properti, hingga solusi pembiayaan rumah (KPR).
Selain itu untuk mendukung kinerja ekonomi, Perseroan telah memiliki pabrik yang terintegrasi dari proses penambangan (mining) hingga pengemasan (packing) di Baturaja. Kami juga melakukan berbagai inovasi produk di antaranya OPC Tipe I, II, V dan Semen PCC, serta memproduksi berbagai tipe semen mortar.
Dengan berbagai inovasi, kebijakan atau program strategis tersebut, Perseroan tetap dapat mempertahankan kinerja operasional yang positif pada tahun 2021.
PRODUK RAMAH LINGKUNGAN
Sebagai Perusahaan yang bergerak di industri persemenan, Perseroan menyadari bahwa produk yang dihasilkan tentu berdampak pada lingkungan. Sejalan dengan upaya Pemerintah untuk mengurangi gas rumah kaca, kami melakukan berbagai langkah riset dan pengembangan produk demi memastikan produk yang dihasilkan merupakan produk terbaik yang ramah lingkungan. Perseroan berupaya mengedepankan aspek ramah lingkungan dengan menggunakan substitusi material dalam kegiatan operasional.
SALURAN DISTRIBUSI
Bagi Perseroan, memperkuat basis pelanggan merupakan salah satu upaya penting meningkatkan keberlanjutan kinerja ekonomi. Untuk itu, kami secara rutin menjalin hubungan baik dan melakukan sosialisasi terkait informasi produk untuk meningkatkan penjualan produk.
Saluran distribusi yang diterapkan Perseroan adalah penjualan melalui distributor. Walaupun di tengah pandemi, Perseroan tetap berupaya membangkitkan semangat dan menumbuhkan loyalitas para distributor maupun toko dengan kegiatan promosi untuk meningkatkan kinerja penjualan. Melalui kegiatan-kegiatan brand awareness baik melalui media luar ruang dan iklan bersama perusahaan & instansi, berpartisipasi pada kegiatan exhibition, kegiatan sponsorship dengan exposure cukup tinggi ke publik, Perseroan secara selektif berperan aktif sebagai upaya perkuatan brand di wilayah pasar Sumbagsel. Selain itu, Perseroan tetap menjalankan program layanan teknis seperti tes kuat tekan beton, hammer test, analisis agregat dan pendampingan pembuatan job-mix formula secara gratis serta mendampingi customer (batching plant) untuk kegiatan trial mix di lokasi plant.
Perseroan menyadari bahwa pengaruh dari kondisi COVID-19 berimbas kepada perubahan pola hidup masyarakat menjadi lebih digital. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, pada tahun 2021 Perseroan telah hadir memanfaatkan kanal digital dalam penjualan semen. Perseroan melakukan soft launching aplikasi bernama “Build.id” yang menjadi market place khusus untuk memenuhi kebutuhan terkait bidang konstruksi, jasa konstruksi, dekoratif rumah, dan sebagainya dengan konsep one stop shoping.
Di tahun 2021, Perseroan juga mulai aktif melakukan penjualan melalui e-commerce Tokopedia. Wilayah penjualan saat ini masih berfokus pada pelayanan wilayah Kota Palembang. Namun akan dikembangkan ke kota-kota besar lain di Sumbagsel. Pengembangan saluran distribusi ini cukup mendukung volume penjualan di tahun 2021.
Perseroan secara aktif menggunakan platform digital seperti media sosial official Perseroan maupun media youtube yang sangat digemari oleh berbagai kalangan saat ini. Perseroan juga aktif menjalankan Podcast inspiratif di media Youtube “Digilabs TV” dengan bintang tamu dan tema-tema yang menarik setiap minggunya.
KEAMANAN DAN TANGGUNG JAWAB PRODUK
Sebagai bentuk tanggung jawab Perseroan terhadap konsumen dan seluruh pemangku kepentingan, Perseroan memastikan mematuhi regulasi dan standar yang relevan dengan industri semen yaitu Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kami secara berkala melakukan proses penilaian dampak kesehatan dan keselamatan konsumen dari produk yang dihasilkan. Kami secara berkelanjutan melakukan riset bersama dengan berbagai lembaga maupun universitas terbaik untuk melakukan penelitian dan trial produk dan pengembangan teknologi guna memastikan produk terbaik. Lebih lanjut, hasil dari riset tersebut kami sosialisasikan kepada seluruh pelanggan maupun masyarakat.
Sebagai pedoman pelaksanaan untuk memastikan kepuasan pelanggan terhadap produk, Perseroan menerapkan ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu untuk berbagai layanan yang dimiliki, Sistem Manajemen Laboratorium SNI ISO/IEC 17025:2017, dan Sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Sertifikasi SNI telah tercantum di kemasan produk Semen Baturaja yang diikuti dengan petunjuk pemakaian dan komposisi bahan baku.
KEPUASAN PELANGGAN
Sebagai upaya Perseroan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, kami secara rutin melakukan survei/pengukuran kepuasan pelanggan. Survei ini bertujuan untuk menjaga performa perusahaan serta mendapatkan feedback dari pelanggan atas pelayanan yang telah diberikan. Survei kepuasan pelanggan dilakukan per semester yang dilaksanakan oleh lembaga independen. Dari hasil survei tersebut, pelanggan sangat mengapresiasi kinerja Perseroan melalui survei yang diukur dari sisi kualitas, kuantitas, kontinuitas, distribusi, harga serta pelayanan.
Kantor Pusat
Whistleblowing System
Laporkan perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan PT Semen Baturaja Tbk.
Email: wbs.smbr@sig.id
atau klik tautan ini untuk masuk aplikasi Whistleblowing System PT Semen Baturaja Tbk.
Lelang & E-Proc
E-PPID
Customer Service
(62) – 711 – 511261