Semen Baturaja Tandatangani MOU Dengan PT PLN Pembangkitan Sumbagsel

PALEMBANG – PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dan PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan menandatangani kerja sama (Memorandum of Understanding) Pengelolaan Limbah Fly Ash & Bottom Ash PLTU Tarahan, PLTU Sebalang, dan PLTU Bukit Asam di Hotel Arista pada hari Rabu (24/01).

Jajaran Direksi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk diwakili oleh Bapak Daconi (Direktur Produksi & Pengembangan) didampingi Bapak Suherman Yahya (Kepala Departemen Litbang) dan Bapak Bastony Santri (Kepala Departemen Logistik) hadir pada acara tersebut. Begitu pula dengan Plt. General Manager PT PLN KITSBS Bpk. R. Bambang Anggono beserta jajaran yang juga turut hadir pada acara tersebut.

MOU antara PT Semen Baturaja (Persero) Tbk dan PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumbagsel ini merupakan kerjasama dengan ruang lingkup penerimaan dan pemanfaatan limbah Fly Ash dan Bottom Ash yang berasal dari PLTU Tarahan, PLTU Sebalang dan PLTU Bukit Asam. Dalam hal ini, Semen Baturaja akan menerima limbah dari PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan sesuai dengan kemampuan operasional peralatan yang dimiliki Semen Baturaja. Selanjutnya, rencana pemanfaatan dan pengiriman limbah ini akan dibahas dan disepakati kedua belah pihak. Dan para pihak akan menggunakan transportir limbah yang memiliki persyaratan perizinan yang masih berlaku terkait pengumpulan dan pengangkutan limbah sesuai dengan ketentuan perundang–undangan yang berlaku dan terdaftar sebagai mitra terseleksi di perusahaan masing-masing.

Direktur Produksi dan Pengembangan Semen Baturaja, Bapak Daconi dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari diadakannya penandatangan Nota Kesepahaman ini adalah sebagai bentuk sinergi antar perusahaan milik negara (BUMN) dalam semangat kepedulian atas pentingnya pengelolaan lingkungan hidup untuk menjaga kelestarian alam yang dilandasi kerjasama saling menguntungkan.

Kerjasama dengan PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumbagsel dilakukan dengan harapan limbah Fly Ash dan Bottom Ash tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam semen, karena selain dapat menurunkan HPP Semen, pengelolaan dan pemanfaatan limbah B3 sendiri termasuk dalam salah satu indikator penilaian PROPER. Limbah Fly Ash dan Bottom Ash yang merupakan limbah padat yang dihasilkan dari pembakaran batubara pada pembangkit tenaga listrik (PLTU) selama ini dikategorikan sebagai limbah B3. (Humas SMBR)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *