PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Dengan Universitas Jambi

Guna lebih memperkuat hubungan antara institusi pendidikan dengan perusahaan milik negara, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Universitas Jambi di Rektorat UNJA, pada hari Rabu (06/06).

MoU di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat untuk jangka waktu 2 (dua) tahun tersebut ditandatangani langsung oleh Pgs. Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Amrullah dengan Rektor UNJA Prof H Johni Najwan SH, MH, Ph.D. Nota Kesepahaman ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan surat perjanjian kerjasama yang akan dibahas secara lebih rinci.

Sebelumnya, Semen Baturaja juga telah menjalin kerjasama serupa dengan berbagai universitas kenamaan di Indonesia seperti ITS, UNSRI, UGM, UNILA dan UNBARA. Semen Baturaja akan terus melakukan kerjasama dalam bentuk yang lain, yang harapannya tentu dapat saling memberikan kontribusi yang baik dan bermanfaat bagi Semen Baturaja maupun bagi Universitas Jambi.

Dalam kesempatan ini, Amrullah juga memaparkan sedikit pengenalan mengenai perusahaan Semen Baturaja kepada para pimpinan UNJA. Semen Baturaja yang pusat operasinya di wilayah Sumatera Bagian Selatan ini merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia yang bergerak di bidang industri semen. Semen Baturaja telah memiliki dua pabrik semen terintegrasi, yang terbaru adalah Pabrik Baturaja II dengan kapasitas produksi 1,85 juta ton semen per tahun dan telah komersil pada 1 September 2017 sehingga turut menambah kapasitas produksi Semen Baturaja menjadi 3,85 juta ton semen per tahun.

Potensi permintaan konsumsi semen di Sumatera Bagian Selatan saat ini yang masih sangat tinggi yaitu mencapai 6-7 juta ton semen per tahun dan Semen Baturaja terus melakukan berbagai inovasi dan ekspansi usaha untuk dapat meraih sedikitnya 60% pangsa pasar di Sumatera Bagian Selatan.

Selanjutnya Amrullah mengatakan, dengan adanya kesepakatan kerjasama ini diharapkan UNJA bisa menjadi salah satu instansi pendidikan yang berkontribusi dalam membangun BUMN yang sehat untuk negara “Apalagi dengan dilihat adanya potensi dan energi yang besar dari Semen Baturaja sendiri,” pungkasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *