Penandatanganan Addendum Perjanjian Kerjasama Antara Semen Baturaja Dengan Pelindo II

Jakarta – PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II menandatangani addendum perjanjian kerja sama pengelolaan lahan di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung selama 30 tahun. Perjanjian dimulai sejak 1 Januari 2013 hingga 31 Desember 2043. Kesepakatan kedua belah pihak tertuang dalam perjanjian Kerja Sama Penggunaan Bagian-Bagian Tanah Hak Pengelolaan di Pelabuhan Panjang.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Utama Semen Baturaja, Rahmad Pribadi, dan Direktur Komersial & Pengembangan Usaha Pelindo II, Saptono R. Irianto bertempat di Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Senin, 12 Maret 2018. Penandatanganan disaksikan Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan & Pariwisata Menteri BUMN, Edwin Hidayat Abdullah beserta jajaran.

Penandatanganan addendum perjanjian kerja sama dilakukan dalam rangka menjamin kelancaran operasional Semen Baturaja, khususnya di wilayah Panjang, Lampung. Sebelumnya, Semen Baturaja telah menjalin kerja sama dengan Pelindo II dalam hak pengelolaan lahan (HPL) milik Pelindo II. Kerja sama dimanfaatkan perseroan untuk mendirikan pabrik penggilingan dan pengantongan semen di Panjang.

Melihat permintaan semen di wilayah Lampung yang mengalami peningkatan signifikan dan potensi untuk menguasai pangsa pasar yang lebih luas, kerja sama antar perseroan diperpanjang menjadi 30 tahun hingga 31 Desember 2043. Kerja sama antara Semen Baturaja dengan Pelindo II juga diperluas pada bidang-bidang lain seperti pembongkaran, pemuatan dan angkutan barang curah yang sebelumnya juga telah disepakati.

Kontrak kerja sama pengelolaan lahan di Pelabuhan Panjang dengan Pelindo II kali ini menunjukkan sinergi dua BUMN. Kedua belah pihak mengharapkan sinergi akan memperkuat posisi Semen Baturaja sebagai produsen semen terbesar di Sumatera Bagian Selatan dan posisi Pelindo II sebagai pengelola dan pengembang industri pelabuhan terbaik. (Humas SMBR)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *