Kick-Off Meeting Implementasi ERP Berbasis SAP “Gading Project” Dengan PT Telkom Indonesia

PALEMBANG, SAP atau Systems Application and Products in Data Processing merupakan salah satu software ERP (Enterprise Structure) terkemuka dunia yang sekarang ini sedang banyak diimplementasikan oleh perusahaan kelas dunia dan telah teruji kualitasnya. Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan besar yang telah berhasil mengimplementasikan ERP berbasis SAP untuk mendukung kelancaran proses bisnisnya, tak terkecuali PT Semen Baturaja (Persero) Tbk yang juga ikut mengimplementasikan ERP berbasis SAP ini untuk menghadapi persaingan revolusi industri 4.0.

Implementasi ERP berbasis SAP di PT Semen Baturaja (Persero) Tbk merupakan salah satu project dalam merealisasikan salah satu komponen Inisiatif Tiga Gajah, yaitu Business Process Streamlining Initiative yang tujuannya adalah untuk menyederhanakan proses bisnis di perusahaan sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan tepat dan dalam waktu yang singkat dengan ketersediaan informasi yang akurat dan terkini.

“Digitalisasi proses bisnis perusahaan dengan menerapkan sistem ERP berbasis SAP diharapkan dapat mempermudah proses komunikasi dan interaksi antar unit kerja dan mitra kerja, juga manajemen data/informasi yang lebih terintegrasi dan teratur,” ujar Dirut PT Semen Baturaja Rahmad Pribadi dalam acara Kick-Off Meeting & Team Building Implementasi ERP berbasis SAP bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia, Senin (12/2) bertempat di Kantor Pusat PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Kertapati, Palembang. Hadir pula pada kesempatan tersebut Direktur Keuangan PT Semen Baturaja Dede Parasade, Deputy EVP DES PT Telkom Indonesia P. Suhartono & General Manager MAS PT Telkom Indonesia Dwi Sulistiani beserta jajarannya.

Rahmad Pribadi mengatakan Implementasi ERP berbasis SAP di PT Semen Baturaja ini diberi nama GADING Project, dengan tagline “Go Great Grow!”. Dengan berdirinya pabrik baru serta wilayah operasional dan jaringan distribusi PT Semen Baturaja yang berada di berbagai kota dan provinsi, sehingga dibutuhkan suatu sistem informasi yang terintegrasi dan tersentralisasi. “PT Telkom Indonesia selaku konsultan ERP berbasis SAP PT Semen Baturaja kami nilai memiliki track record yang baik dan terpercaya sebagai perusahaan penyedia jasa Teknologi informasi dan Komunikasi (ICT) sehingga kami yakin Implementasi ERP berbasis SAP ini akan terjamin kualitasnya,” ungkap Rahmad.

“Keuntungan dari sistem ERP berbasis SAP ini akan diperoleh database yang tersentralisasi, nantinya akan memberikan banyak keuntungan bagi PT Semen Baturaja seperti adanya peningkatan efisiensi, kecepatan pengolahan data, dan efektivitas alur kerja. Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi perusahaan seperti PT Semen Baturaja untuk memanfaatkan waktu, biaya, dan tenaga yang sebelumnya banyak dihabiskan untuk proses administrasi, untuk pengembangan seperti analisis, pelatihan, maupun RnD” ujar Roy Agung Purwantoro selaku Project Manager PT Telkom. Ditemui pada saat acara, Zulkarnain selaku Project Manager PT Semen Baturaja menambahkan bahwa “Implementasi ERP berbasis SAP di PT Semen Baturaja saat ini telah berjalan dan dijadwalkan untuk Go Live pada bulan Agustus 2018 yang akan datang.” (Humas SMBR)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *