Halalbihalal Idul Fitri 1439 H Keluarga Besar PT Semen Baturaja (Persero) Tbk

Palembang, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk kembali mengadakan acara halalbihalal Idul Fitri 1439 H yang rutin diadakan setiap tahunnya di tiga lokasi pabrik Semen Baturaja, yaitu Palembang, Baturaja dan Panjang. Selain mengundang para Karyawan/ti dan Pensiunan SMBR, Pihak manajemen SMBR juga mengundang jajaran Muspida di masing-masing site, tokoh masyarakat di lingkungan sekitar pabrik dan mitra kerja SMBR yang meliputi para distributor, ekspeditur, perbankan dan rekanan unit kerja lainnya. Acara ini digelar secara berturut-turut mulai pada Kamis (28/06) di Aula Wisma Ganesha Pabrik Baturaja, dilanjutkan pada Senin (02/07) di Halaman Kanpus & PPG dan berakhir pada Rabu (03/07) di Ruang Rapat Lantai 3 Pabrik Panjang.

Acara halalbihalal Idul Fitri 1439 H ini merupakan salah satu media yang digunakan perusahaan untuk saling memaafkan, memupuk, dan memperbaiki silaturahmi. Melalui kegiatan ini pula diharapkan dapat menciptakan sinergi yang baik antar manajemen, karyawan, stakeholder dan mitra kerja.

Pada acara ini, Direktur Utama SMBR Bapak Rahmad Pribadi dalam sambutannya menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H kepada seluruh tamu undangan yang hadir. Beliau pada kesempatan itu juga mengajak semua keluarga besar Semen Baturaja kembali ke fitrah. Momen sekarang ini, mari saling melupakan dan memaafkan perselisihan dan kesalahan sehingga bisa membangun kerja sama semakin kokoh ke depanya.

“Pada kesempatan ini saya pribadi dan mewakili manejemen Semen Baturaja memohon maaf lahir batin. Selama ini banyak aktifitas SMBR yang dapat dukungan dari pemerinyah setempat dan warga setempat. Kami ucapkan terima kasih,” katanya. Ia mengharapkan, kedepan saling menjaga semangat ibadah dan makna bulan Ramadan dapat diimplementasikan dalam ibadah sehari-hari. Makna Ramadan ini hendaknya mampu mereformasi mindset agar dapat mewujudkan pelayana yang prima kepada stakeholder, pelanggan dan mitra kerja dengan baik.

Acara Halal Bi Halal ditutup dengan saling bersalam-salaman antara manajemen SMBR dengan tamu undangan yang hadir dan santap siang bersama. (Corsec SMBR)

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Dengan Universitas Jambi

Guna lebih memperkuat hubungan antara institusi pendidikan dengan perusahaan milik negara, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Universitas Jambi di Rektorat UNJA, pada hari Rabu (06/06).

MoU di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat untuk jangka waktu 2 (dua) tahun tersebut ditandatangani langsung oleh Pgs. Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Amrullah dengan Rektor UNJA Prof H Johni Najwan SH, MH, Ph.D. Nota Kesepahaman ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan surat perjanjian kerjasama yang akan dibahas secara lebih rinci.

Sebelumnya, Semen Baturaja juga telah menjalin kerjasama serupa dengan berbagai universitas kenamaan di Indonesia seperti ITS, UNSRI, UGM, UNILA dan UNBARA. Semen Baturaja akan terus melakukan kerjasama dalam bentuk yang lain, yang harapannya tentu dapat saling memberikan kontribusi yang baik dan bermanfaat bagi Semen Baturaja maupun bagi Universitas Jambi.

Dalam kesempatan ini, Amrullah juga memaparkan sedikit pengenalan mengenai perusahaan Semen Baturaja kepada para pimpinan UNJA. Semen Baturaja yang pusat operasinya di wilayah Sumatera Bagian Selatan ini merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia yang bergerak di bidang industri semen. Semen Baturaja telah memiliki dua pabrik semen terintegrasi, yang terbaru adalah Pabrik Baturaja II dengan kapasitas produksi 1,85 juta ton semen per tahun dan telah komersil pada 1 September 2017 sehingga turut menambah kapasitas produksi Semen Baturaja menjadi 3,85 juta ton semen per tahun.

Potensi permintaan konsumsi semen di Sumatera Bagian Selatan saat ini yang masih sangat tinggi yaitu mencapai 6-7 juta ton semen per tahun dan Semen Baturaja terus melakukan berbagai inovasi dan ekspansi usaha untuk dapat meraih sedikitnya 60% pangsa pasar di Sumatera Bagian Selatan.

Selanjutnya Amrullah mengatakan, dengan adanya kesepakatan kerjasama ini diharapkan UNJA bisa menjadi salah satu instansi pendidikan yang berkontribusi dalam membangun BUMN yang sehat untuk negara “Apalagi dengan dilihat adanya potensi dan energi yang besar dari Semen Baturaja sendiri,” pungkasnya.

Penandatangan Perjanjian Kerjasama iB Supplier Financing (iB-SF) Antara PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Dengan Bank Syariah Mandiri

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk melakukan Penandatangan Perjanjian Kerjasama iB Supplier Financing (iB-SF) dengan Bank Syariah Mandiri di Jakarta pada hari Selasa (05/06).

Perjanjian kerjasama ditandatangani langsung oleh Direktur Keuangan SMBR Dede Parasade dan Direktur Financing & Strategy BSM Ade Cahyo Nugroho. Penandatanganan juga disaksikan oleh Direktur Wholesale Banking BSM Kusman Yandi dan jajaran manajemen dari Semen Baturaja yang diwakili VP Corporate Secretary Ruddy Solang dan VP Accounting & Finance Heru Rusdiansyah.

Ruang lingkup kerjasama ini berupa pemberian fasilitas supplier financing dari Bank Syariah Mandiri kepada supplier Semen Baturaja yang diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja dan menjaga cashflow serta operasional masing-masing perusahaan. Selain itu, kerjasama ini dilakukan sebagai upaya BUMN untuk mendorong peran bank syariah di Indonesia.

Sinergi antar BUMN dan anak usaha merupakan salah satu bagian penting dalam Inisiatif Tiga Gajah untuk mencapai visi dan misi Semen Baturaja.

Semen Baturaja Gelar Buka Puasa Bersama

Baturaja, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk memberikan bantuan paket sembako sebanyak 24.000 paket kepada warga dan santunan untuk anak yatim piatu di tiga wilayah pabrik Semen Baturaja, yaitu Palembang, Baturaja, dan Lampung yang digelar bersamaan dengan acara Buka Puasa Bersama Ramadhan 1439 H. Acara Buka Puasa Bersama Ramadhan 1438 H digelar pada Kamis (24/05) di Aula Wisma Ganesha Pabrik Baturaja dan dihadiri oleh Jajaran Dewan Komisaris, Direksi, Karyawan/ti Semen Baturaja bersama Gubernur Sumatera Selatan, Bupati OKU, Wakil Bupati OKU beserta seluruh unsur FKPD OKU.

Acara Buka Puasa Bersama Ramadhan dan pemberian bantuan sembako ini merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya di Semen Baturaja. Selain itu diserahkan pula bantuan dana kepada masjid di area ring 1 melalui program Peduli Masjid, Pemberian bantuan tali kasih kepada purnabakti SMBR dan bantuan sarana pendidikan kepada SMK yang menjadi mitra pada program vokasi industri.

Pada tahun ini dibagikan sebanyak 19500 paket sembako untuk pabrik Baturaja, 3000 paket sembako untuk pabrik Palembang dan 1500 paket sembako untuk pabrik Lampung. Bantuan paket sembako ini merupakan bagian dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang dianggarkan perusahaan sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan dan masyarakat yang berada di sekitar pabrik.Selain itu, SMBR juga memberikan santunan untuk anak yatim piatu. Bantuan santunan anak yatim piatu ini dibagikan kepada 300 anak yatim piatu yang bertempat tinggal di wilayah sekitar pabrik di tiga lokasi. Program SMBR Peduli Masjid memberikan bantuan dana kepada 8 masjid disekitar wilayah Ring I untuk keperluan operasional masjid.

Pada kesempatan ini, Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin, Bupati OKU Kuryana Aziz, Wakil Bupati OKU Johan Anwar dan Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Bapak Rahmad Pribadi menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis. Paket sembako dan santunan anak yatim piatuyang dibagikan ini diharapkan dapat diterima dan membantu meringankan beban masyarakat. Selain itu SMBR juga ingin berbagi kebahagiaan dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sehingga, terjalin tali silaturahmi dan kebersamaan antara Manajemen SMBR dengan seluruh stakeholder di sekitar pabrik. Pada akhirnya, kegiatan sosial semacam ini diharapkan dapat terus ditingkatkan bukan hanya di bulan Ramadhan saja.

Selain itu. SMBR merupakan produsen semen milik negara, maka tugas utamanya tidak hanya menjamin ketersediaan semen di berbagai wilayah di Indonesia khususnya di Sumatera Bagian Selatan tapi juga menjadi agen pembangunan melalui pemerataan kesejahteraan masyarakat melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri yang merupakan program rintisan Kementerian BUMN.

Pada kesempatan yang sama untuk mensukseskan gelaran Asian Games 2018, Gubernur Sumsel melakukan sosialisasi Asian Games 2018 dihadapan seluruh karyawan/ti SMBR, unsur FKPD OKU, beserta segenap tamu undangan yang hadir. Semen Baturaja sebagai salah satu perusahaan milik Negara yang basis operasinya di Provinsi Sumatera Selatan berkomitmen penuh mendukung gelaran Asian Games 2018 dimana Palembang menjadi salah satu tuan rumahnya. (Corsec SMBR)

KOMITMEN PT SEMEN BATURAJA (PERSERO) Tbk TERHADAP PENERAPAN TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK (GCG) TENTANG LARANGAN MEMINTA ATAU MENERIMA GRATIFIKASI

Pengumuman Pelelangan 4 Juni 2018 s/d 6 Juni 2018

Panitia Pengadaan Barang PT Semen Baturaja (Persero) Tbk akan mengadakan Pelelangan, bagi Perusahaan yang berminat dapat mengikuti Pelelangan tersebut dengan penjelasan sebagai berikut :

Untuk mengikuti lelang ini, klik tautan eproc berikut.

Kelola Limbah Jadi Bahan Baku, Semen Baturaja Gandeng Nasional Hijau Lestari

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) bekerja sama dengan PT Nasional Hijau Lestari (NHL), sebuah perusahaan yang didirikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Holding Pertambangan untuk mengelola limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3). Penandatanganan kesepakatan kerja sama dilakukan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) SMBR, Rahmad Pribadi, dengan Pelaksana Tugas (Plt.) Dirut NHL, Agus Yulianto, di Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin, 28 Mei 2018.

Dirut SMBR, Rahmad Pribadi, mengatakan kerja sama dilatarbelakangi oleh semangat untuk melakukan pelestarian lingkungan. Menurutnya di sekitar wilayah produksi SMBR di Sumatra Selatan, banyak sekali limbah yang bisa diolah.
Rahmad mengemukakan limbah yang pada awalnya beracun, berbahaya dan sama sekali tidak memiliki nilai ekonomis dapat diubah menjadi bernilai ekonomis karena bisa dimanfaatkan. “Baik menjadi bahan baku alternatif atau bahan bakar alternatif,” katanya.

Rahmad mengharapkan NHL sebagai anak perusahaan BUMN dapat menjadi konsolidator untuk merealisasikan kepedulian SMBR terhadap kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan limbah. Kerja sama ini, kata Rahmad, merupakan tindak lanjut dari izin yang telah diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada SMBR pada akhir tahun 2017 lalu untuk mengelola limbah B3. “Kepercayaan yang telah diberikan segera kami tindak lanjuti dengan menjalin kerja sama,” ujarnya.

Langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh SMBR dan NHL seusai penandatanganan menurut Rahmad adalah melakukan komunikasi, diskusi, koordinasi dan kajian-kajian terkait limbah B3. “Agar dapat dijadikan produk yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Acara penandatanganan dihadiri perwakilan Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Sampah, B3 dan Limbah KLHK, Yani Asrani. Dari Kementerian BUMN hadir Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Edwin Hidayat Abdullah, Asisten Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan & Pariwisata I Kementrian BUMN dan Plt. Asisten Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media I, Rainoc.

Dukung Program Pemerintah, Semen Baturaja Bersinergi dengan Tujuh BUMN

Jakarta, 17 Mei 2018 – PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) bersinergi dengan tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ketujuh BUMN itu terdiri dari lima BUMN Karya yaitu Wijaya Karya, Pembangunan Perumahan, Hutama Karya, Waskita Karya dan Adhi Karya. Sedangkan dua BUMN lainnya adalah Pelindo II dan Perum Jamkrindo.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) SMBR, Rahmad Pribadi, di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis 17 Mei 2018. Rahmad mengutarakan kerja sama dengan lima BUMN Karya dilakukan terkait dengan penyediaan semen dan produk turunan semen.

SMBR menurut Rahmad akan menjamin ketersediaan semen di proyek-proyek lima BUMN Karya yang terletak di wilayah pemasaran BUMN yang dipimpinnya yaitu Provinsi Lampung, Sumatra Selatan, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung (Sumatra Bagian Selatan/Sumbagsel).  Rahmad menambahkan banyak proyek-proyek infrastruktur BUMN karya yang sedang dan akan dikerjakan di wilayah pemasaran SMBR.

“SMBR optimis mampu mencukupi berapapun permintaan semen yang dibutuhkan,” katanya. Menurut Rahmad, sinergi yang disepakati selain untuk meningkatkan keuntungan korporasi juga bertujuan mendukung program pemerintah yang tengah gencar mempercepat pembangunan infrastruktur di tanah air dari Sabang sampai Merauke. Di Sumbagsel, kata Rahmad, pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, jembatan dan bendungan juga dilakukan secara maraton, siang dan malam. “Jadi kali ini, BUMN benar-benar hadir untuk negeri, termasuk di Sumbagsel,” ujarnya.

Penandatanganan MoU yang disaksikan langsung Menteri BUMN, Rini M. Soemarno dan Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata (ELKP) Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah. Kelima Dirut BUMN Karya juga hadir untuk menandatangi kesepakatan yaitu Dirut Wijaya Karya, Tumiyana; Dirut Pembangunan Perumahan, Lukman Hidayat; Dirut Hutama Karya, Bintang Perbowo; Dirut Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra dan Dirut Adhi Karya, Budi Harto.

SMBR – Pelindo II

Selain dengan lima BUMN Karya, penandatanganan MoU Penyediaan Semen dan Produk Turunan Semen juga dilakukan Dirut SMBR, Rahmad Pribadi dengan Dirut Pelindo II, Elvyn G.Masassya pada waktu dan tempat yang sama.

Rahmad mengemukakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2008, pelabuhan memiliki tiga fungsi dalam perdagangan yaitu sebagai mata rantai transportasi, entitas industri dan pintu gerbang negara. Oleh karena itu menurut Rahmad program konektivitas nasional pemerintah tentu harus didukung dengan peningkatan kualitas dan penambahan kuantitas pelabuhan.

SMBR menurut Rahmad siap bekerja sama sekaligus mendukung Pelindo II yang beroperasi di sepuluh provinsi dan mengelola 12 pelabuhan untuk meningkatkan kualitas maupun menambah kuantitas pelabuhan. “Sebuah kehormatan bagi SMBR dapat bekerja sama dengan Pelindo II,” katanya.

SMBR-Jamkrindo

Terakhir, namun tidak kalah penting dengan perjanjian-perjanjian sebelumnya, SMBR juga bersinergi dengan Perum Jamkrindo. Setelah menandatangi Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Dirut Jamkrindo, Randi Anto, Rahmad mengutarakan ruang lingkup PKS dengan Perum Jamkrindo meliputi Penerbitan Surety Bond secara online yang terdiri dari Jaminan Penawaran (Bid Bond); Jaminan Pelaksanaan (Performance Bond); Jaminan Uang Muka (Advanced Payment Bond); Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond) dan jaminan-jaminan lain.

Rahmad mengatakan perjanjian antara SMBR dengan Jamkrindo bukan hanya dilakukan pada kali ini. Sebelumnya SMBR menurut Rahmad juga telah menjalin kerja sama dengan Perum Jamkrindo untuk penjaminan distribusi semen. “Telah ditandatangani  sejak 15 Juni 2017,” ujarnya.

Phase Switching Business Blueprint to Realization “Gading Project”

BATURAJA, SMBR telah melaksanakan Switching Fase Gading Project pada tanggal 8 Mei 2018 di Gedung Wisma Ganesa, Baturaja. Switching fase ini menjadi tanda berakhirnya fase Business Blueprint dan penanda dimulainya fase Realization.

Pada acara tersebut, Bapak Rahmad Pribadi selaku Direktur Utama SMBR dan jajaran direksi lainnya (Bapak Dede Parasade – Direktur Keuangan, Bapak Daconi – Direktur Produksi dan Pengembangan, Bapak M. Jamil – Direktur Pemasaran, Bapak Amrullah – Direktur Umum & SDM) bersama manajemen Telkom meresmikan pergantian fase Implementasi ERP SAP Gading Project tersebut.

Dalam acara ini terdapat beberapa agenda, seperti:

  1. Menayangkan Video Dokumenter Perjalanan Gading Project (Project Preparation-Business Blueprint)
  2. Paparan Oleh Bapak Rahmad Pribadi (Direktur Utama SMBR) dan Bapak Bernat M.P (Manager Sales Telkom Indonesia)
  3. Penandatanganan Commitment Board & Penyematan PIN kepada Gading Agent
  4. Award Gading (Blueprint Workshop Best Participants & Photo Contest)

(Corsec SMBR)

Semen Baturaja Jalin Kerjasama Program Pendidikan Vokasi Industri

Palembang, Pada hari Jum’at (11/05) telah digelar acara Peluncuran dan Peresmian Program Pendidikan Vokasi Industri Wilayah Sumbagsel yang bersamaan dengan peresmian Pabrik Pusri IIB, Proyek NPK 2,4 juta ton dan Ground Breaking Pabrik NPK Fusion Pusri. Acara launching ini dihadiri oleh Menteri Perindustrian dan Menteri BUMN didampingi oleh pimpinan dari berbagai perusahaan di wilayah Sumbagsel dan ditandai dengan penekanan sirine sebagai tanda peluncuran program pendidikan vokasi industri tersebut.

SMBR memberikan bantuan sarana dan menjalin Perjanjian Kerjasama Program Vokasi Industri dengan berbagai sekolah berikut :

  1. SMK Negeri 1 OKU
  2. SMK Negeri 2 OKU
  3. SMK Negeri 3 OKU
  4. SMK Sentosa Bhakti Baturaja OKU
  5. SMK Kader Pembangunan Baturaja OKU
  6. SMK Negeri 1 Martapura OKU Timur
  7. SMK Negeri 1 Muara Dua OKU Selatan
  8. SMK Negeri 1 Kebun Tebu Lampung Barat

Penyerahan secara simbolis Bantuan Sarana Pendidikan oleh Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) kepada 8 Sekolah. Penyerahan Bantuan Sarana dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini disaksikan oleh Menteri Perindustrian dan Menteri BUMN.

SMBR juga melakukan penandatanganan MOU dengan Pusdiklat Kementrian Perindustrian RI tentang pelaksanaan program Vokasi D1 dan Diklat Sistem 3in1 (pelatihan, sertifikasi, dan penempatan kerja). Penandatanganan MOU ini bertujuan untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia di masing-masing pihak dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja sektor industri. Program Diklat sistem 3in1 ini adalah yang pertama di Sumatera dan ke-2 di Indonesia. (Corsec SMBR)